5 Cara Menambah Berat Badan Bayi dalam Kandungan, Ampuh Banget!

0
34

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, tumbuh kembang bayi dalam kandungan sangat penting untuk diijaga hingga masa persalinan. Meskipun belum lahir, bobot janin seharusnya sesuai dengan usianya. Oleh sebab itu, para dokter menyarankan ibu hamil untuk menjaga asupan makanan agar bayi dalam kandungan sehat.

Buat Ladies yang tengah hamil, berikut ini informasi mengenai cara menambah berat badan bayi dalam kandungan. Catat informasi bermanfaat ini, ya!

1. Tingkatkan Asupan Protein

Cara-Menambah-Berat-Badan-Bayi-dalam-Kandungan

Protein merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang janin. Pasalnya, protein berperan dalam perkembangan otak, saraf, dan otot bayi. Bagi ibu hamil, kebutuhan protein yang harus dipenuhi berkisar antara 90 hingga 100 gram setiap harinya.

Asupan protein dapat Ladies dapatkan dari alpukat, kacang-kacangan, gandum, ikan, yogurt, daging sapi, dan ayam. Untuk sumber protein hewani, sebisa mungkin hindari daging dengan kadar lemak terlalu tinggi.

Ladies dapat memilih daging sapi rendah lemak dan dada ayam untuk sumber protein terbaik. Nah, bagi Ladies penggemar keju dan yogurt, cobalah untuk mengonsumsi keju dan yogurt rendah lemak.

2. Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Cara-Menambah-Berat-Badan-Bayi-dalam-Kandungan

Agar berat badan bayi dapat bertambah, penuhi juga kebutuhan zat besi dalam tubuh. Zat besi dibutuhkan untuk membetuk sel darah merah. Nah, sel darah merah ini penting bagi tubuh kita dan janin karena bertugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh. 

Selain itu, zat besi juga membantu pertumbuhan plasenta serta menjaga kondisi ibu hamil agar terhindar dari stres atau kelelahan berlebihan. Perlu Ladies tahu bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia akut yang berisiko bagi ibu hamil.

Nah, guna memenuhi asupan zat besi, Ladies dapat mengonsumsi daging sapi rendah lemak dan gandum. Selain itu, Ladies juga bisa mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan sebagai penambah zat besi.

3. Kurangi Cemas

Cara-Menambah-Berat-Badan-Bayi-dalam-Kandungan

Cemas atau stres berlebihan dapat mengurangi nafsu makan ibu hamil, loh. Kalau sudah begitu, berat badan bayi pun akan susah naik. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik menaikkan bobot janin adalah dengan mengurangi kecemasan.

Saat kondisi hati dan pikiran bahagia, nafsu makan ibu hamil pun normal. Dengan demikian, ibu hamil dan janin yang dikandungnya mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi.

Namun, porsi makan juga harus terkontrol alias tidak berlebihan. Yang terpenting adalah mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang, Ladies.

4. Penuhi Waktu Istirahat yang Cukup

Cara-Menambah-Berat-Badan-Bayi-dalam-Kandungan

Ladies yang sedang hamil membutuhkan istirahat yang cukup. Hal ini karena Ladies yang sedang hamil sebenarnya menahan bobot tubuh dua orang sekaligus, yaitu bobot tubuh dirinya dan sang janin. Jadi, wajar saja jika ibu hamil mudah lelah.

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan istirahat dengan tidur 8 jam agar tubuh tidak mudah lelah. Selain itu, kurangi olahraga terlalu ekstrem, sebaiknya pilihlah olahraga santai seperti yoga atau jalan kaki 45 menit.

5. Konsumsi Vitamin dan Susu Khusus Ibu Hamil

Cara-Menambah-Berat-Badan-Bayi-dalam-Kandungan

Terakhir, rutinlah mengonsumsi vitamin prenatal yang direkomendasikan dokter. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi ibu hamil dapat terpenuhi dengan optimal, sehingga tubuh ibu hamil dan janin sehat.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi, jangan lupa untuk mengonsumsi susu prenatal. Susu ini mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah bobot ibu hamil dan janin. Ladies dapat mengonsumsinya sesuai takaran yang tertera pada kemasan produk.

Selain rutin menjaga makan serta pola hidup sehat, jangan lupa konsultasikan kondisi kandungan ke dokter secara rutin. Semoga Ladies dan bayi sama-sama sehat setelah proses melahirkan!

Baca Juga:

4 Manfaat Folavit untuk Kesehatan Ladies yang Lagi Hamil

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Intip Yuk!

Ingin Punya Momongan? Ini Dia Tips Cara Cepat Hamil