5 Cara Memelihara Kucing di Rumah, Cat Lovers Wajib Tahu

0
51

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Kucing adalah salah satu hewan paling menggemaskan, sehingga membuat kita ingin memeliharanya di rumah. Hewan ini memiliki daya tarik sendiri mulai dari bola mata yang indah hingga sikap lucu dan manja yang cocok sebagai teman sehari-hari.

Bagi pecinta kucing, memelihara kucing ini di dalam rumah tentunya membutuhkan komitmen dan tanggung jawab. Kita harus memperhatikan beberapa hal seperti kesehatan hingga perawatan tubuhnya. Nah, untuk lebih jelasnya, simak artikel ini sampai habis ya, Ladies!

1. Rutin Mandikan Kucing dengan Teratur 

Bagi Ladies yang sering membiarkan kucing keluar rumah, sebaiknya rajin memandikan kucing ya. Pasalnya, lingkungan luar rumah banyak bakteri dan debu yang menempel pada kucing dan dapat menularkan kita. Gunakanlah shampoo khusus kucing agar bulunya tidak mudah rontok dan pun bakteri hilang.

Selain itu, kita juga harus membersihkan telinga, gigi, dan kuku kucing secara rutin. Ada baiknya gunakan air dengan suhu ruangan saat memandikan kucing agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

2. Sediakan Kotak untuk Menampung Kotoran

Selanjutnya, kita juga harus menyediakan kotak untuk menampung kotoran kucing atau litter box. Hal ini akan mendorong kebiasaan kucing agar bisa membuang kotoran dengan benar. 

Kita juga harus rajin membersihkan kotak kotoran tersebut agar kucing nyaman menggunakannya dan terhindar dari parasit. Tidak hanya itu, untuk memastikan kondisi kucing tetap sehat, Ladies bisa pantau perubahan feses dan urinnya.

3. Lakukan Vaksinasi

Untuk mencegah kucing terinfeksi berbagai penyakit, Ladies perlu memberikan vaksin pada kucing kesayangan. Ini karena vakisn dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada kucing kita, loh

Saat vaksin masuk ke dalam tubuhnya, sistem kekebalan akan dirangsang secara jinak. Ketika si kucing sakit, maka sistem imun sudah siap untuk berperang melawan bakteri dan virus, sehingga mengurangi tingkat keparahan penyakit tersebut.

4. Pahami Makanan Kucing 

Kucing harus makan sesuai dengan porsinya agar memiliki tubuh ideal. Kita harus menghitung berat badan si kucing dan memberikan makan 2 persen dari beratnya. Jika memiliki berat 5 kilogram, maka si kucing perlu makan 100 gram setiap harinya. 

Kita juga harus membiasakan agar si kucing makan minimal dua kali sehari. Sedangkan untuk anak kucing harus makan lebih banyak sekitar 4 kali hingga 6 kali sehari. Jangan lupa untuk menyiapkan air bersih untuk minuman si kucing ya.

5. Melakukan Sterilisasi

Jika ingin kucing peliharaan tetap sehat dan panjang umur, sebaiknya melakukan sterilisasi. Dengan demikian, kita juga ikut membantu mengurangi kelebihan populasi kucing sehingga jumlah kucing yang terlantar bisa dikendalikan dengan baik.

Nah, itulah cara terbaik agar kita bisa merawat kucing tetap sehat, kuat, dan tumbuh dengan baik. Meski tampaknya sedikit merepotkan, tapi dengan kehadiran si kucing tentunya akan membuat kita lebih tenang dan bahagia sebagai pemiliknya.

Baca Juga:

10 Jenis Tanaman Kaktus Hias Ini Sulap Area Indoor Rumah Makin Cantik

Kumpulan Kata-Kata Bijak Tentang Pendidikan dan Masa Depan

5 Mitos Bunga Sedap Malam, Lekat dengan Nuansa Horor