5 Bacaan Sholawat Nariyah dan Keutamaannya, Coba Diamalkan agar Berkah

0
63

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Sholawat adalah bacaan yang berisi salam atas junjungan besar kita semua, Nabi Muhammad SAW. Bacaan ini adalah bentuk penghormatan dengan maksud mendoakan Nabi kepada Allah SWT.  Biasanya bacaan ini diungkapkan oleh umat Islam sebagai bagian dari shalat lima waktu dan juga ketika nama Nabi Muhammad disebut. 

Salah satu sholawat yang sering dilantunkan dan kita dengar sehari-hari adalah sholawat Nariyah. Seperti apa bacaan itu dan apa keutamaannya? Berikut informasinya.

Bacaan Sholawat Nariyah

sholawat-nariyah

“Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaaman. Taaman ‘ala sayyidina Muhammadinilladzi tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu. Wa tuqdho bihil hawaiju wa tunaalu bihirro ‘ibu wa husnul khotima wa yustaqol ghomawu biwajhihil kariim wa ‘ala aalihi washohbihi fii kulli lamhatin wa hafasim bi’adadi kulli ma’lu mi laka.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Keutamaan dari Bacaan Sholawat Nariyah

sholawat-nariyah

1. Terbukanya pintu rezeki

Keutamaan yang pertama ialah setiap orang yang membaca atau melantunkan sholawat ini niscaya Allah bukakan pintu rezeki selebar-lebarnya. Bahkan, dikatakan jika rezeki yang datang berlimpah dan tidak akan putus-putus.

Seperti dilansir dari laman NU Online, Imam Dainuri mengatakan bahwa apabila seorang muslim membaca sholawat Nariyah setelah sholat fardhu sebanyak 11 kali maka rezeki yang datang padanya tidak akan putus. Mereka yang membaca sholawat ini juga akan mendapatkan kekayaan yang ada di dunia seperti pangkat kedudukan dan kekayaan berlimpah.

2. Semua urusan akan dimudahkan

Selanjutnya, tidak hanya rezeki, tetapi juga semua urusan kita akan dimudahkan oleh Allah SWT. Keutamaan ini seperti yang dituliskan dalam sebuah hadits Jabir mengatakan: “Rasulullah SAW bersabda: Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia,” (HR. Ibnu Mundah).

3. Dikabulkan hajatnya

Membaca sholawat Nariyah juga bisa membuat semua keinginan atau hajat yang kita miliki dikabulkan Allah SWT. Apalagi kalau sholawat ini menjadi salah satu bacaan rutin yang selalu dibaca setelah sholat wajib. Sebelum membacanya, alangkah lebih baik jika kita mendahului dengan bacaan surat Al-Fatihah.

Syekh al Qurthubi pernah mengatakan keutamaan dari sholawat ini, bahwasannya “Bila dibaca 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk), maka akan ditunaikan hajatnya yang besar dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan.”

4. Dihindarkan dari marabahaya

Keutamaan selanjutnya adalah dengan membaca sholawat Nariyah kita bisa dihindarkan dari berbagai penyakit dan marabahaya. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab Khozinatul Asror bahwa salah satu keutamaan sholawat Nariyah adalah menjauhkan seorang muslim dari hal-hal yang tidak diinginkan termasuk marabahaya.

Dalam kitab Khozinatul Asror (hlm. 179) dijelaskan, “Salah satu shalawat yang mustajab ialah Shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah, yang disebut orang Maroko dengan Shalawat Nariyah karena jika mereka (umat Islam) mengharapkan apa yang dicita-citakan, atau ingin menolak yang tidak disukai mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca shalawat nariyah ini sebanyak 4444 kali, tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (bi idznillah).”

Demikianlah bacaan sholawat Nariyah dan keutamaan ketika kita membacanya. Semoga kita selalu bisa mengamalkan dan melantunkannya sehari-hari, ya.

Baca Juga:

Doa untuk Kedua Orang Tua yang  Sudah Meninggal

Macam-Macam Sholawat Nabi dan Keutamaannya dalam Islam, Wajib Tahu!

Agar Terhindar dari Bahaya, Ini Doa Tolak Bala