5 Bacaan Doa untuk Ketenangan Hati, Amalkan Saat Hati Galau

0
34

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Apakah Ladies sering diliputi rasa gelisah dan tidak tenang? Perasaan-perasaan ini memang wajar dialami oleh manusia. Namun, bagaimana mengatasinya? Apakah mencari sesuatu yang menyegarkan untuk menghibur hati?

Nah, kalau Ladies bingung, ada salah satu cara yang bisa mengatasi perasaan galau dan tidak tenang, yaitu dengan berdoa kepada Allah SWT. Doa seperti apa yang membuat hati tenang? Mari simak lima bacaan doa untuk ketenangan hati berikut ini!

1. Doa Hati Tenang Saat Diliputi Kesedihan

Kita tidak bisa menghindari segala macam bentuk emosi yang kita rasakan, termasuk ketika sedang sedih. Jika Ladies sering mengalami emosi sedih ini, terutama saat menjelang tidur, tidak ada salahnya untuk berdoa. Ladies bisa memanjatkan Surat Al A’raf ayat 55 agar hati lebih tenang.

ٱدْعُوا۟ رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ

“Ud’ụ rabbakum taḍarru’aw wa khufyah, innahụ lā yuḥibbul-mu’tadīn.”

Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”

2. Doa Meminta Ketenangan Saat Merasa Gelisah

Saat melakukan sesutau, sering kali hati kita merasa deg-degan terlebih saat gelisah. Hal ini tentu membuat kita tidak nyaman, apalagi jika kegelisahan ini muncul ketika kita hendak melakukan sesi formal seperti interview kerja. Nah, untuk mengatasinya, Ladies bisa mengamalkan doa berikut ini.

لّا إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ، سُبْحَانَكَ، إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

“Laa ilaha illa Anta subhanaka inni kuntu minazh-zhaalimin.“

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk golongan orang-orang zalim.”

3. Doa Hati Tenang dan Tidak Galau

Selain sedih dan gelisah, rasa galau juga sering kali membuat kita menjadi tidak tenang. Galau berarti hati kita menyimpan kesedihan dalam waktu yang lama. Salah satu cara agar rasa galau ini tidak berlarut-larut adalah dengan berdoa dengan lafalan berikut.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Waidza sa-alaka ‘ibadi ‘anni fa inni qorib, ujibu da’watad da’i idza da’ani falyastajibuli wal yu’minu bi la’allahum yarsyuduun.”

Artinya: “Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwa Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala (perintah Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

4. Doa Minta Ketenangan Hati dalam Surah Al Baqarah Ayat 250

Selain mendatangkan ketenangan, doa ini juga mmebuat kepercayaan diri jadi meningkat, Ladies. Bahkan doa ini dipanjatkan oleh tentara Thalut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

وَلَمَّا بَرَزُوا۟ لِجَالُوتَ وَجُنُودِهِۦ قَالُوا۟ رَبَّنَآ أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

“Wa lammā barazụ lijālụta wa junụdihī qālụ rabbanā afrig ‘alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn.”

Artinya: “Tatkala Jalut dan tentaranya telah nampak oleh mereka, merekapun (Thalut dan tentaranya) berdoa: “Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir”.

5. Doa Ketenangan Hati Dari Hadits Imam Thabrani

Ada juga doa hati tenang yang tercantum dalam hadist Imam Thabrani. Doa ini bisa dipanjatkan ketika sedang ditimpa masalah yang membuat hati ketar-ketir dan gundah gulana.

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

“Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa yardho bi qodho-ika wataqna bi ’atho-ika.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang rida dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Demikianlah lima doa untuk ketenangan hati yang bisa Ladies panjatkan saat hati gelisah dan galau. Semoga informasi ini membantu untuk mengurangi rasa galau ya, Ladies. 

Baca Juga:

5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam, Wajib Tahu

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Supaya Ilmu Selalu Berkah

Bacaan Doa Tahlil Arab dan Artinya, Amalkan Agar Mendapat Pahala