5 Agama Terbesar Di Dunia Berdasarkan Jumlah Penduduknya

0
57

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Agama adalah suatu kepercayaan yang dianut manusia agar merasa lebih damai dan sejahtera dalam menjalani kehidupan. Kehadiran agama membuat berbagai sisi dalam kehidupan terasa lebih seimbang.

Berdasarkan data World Population Review, ternyata sebanyak hampir 2,4 miliar orang dari berbagai belahan dunia menganut agama yang sama, loh. Namun, pendapat populer lainnya menyatakan ternyata  ada 4.000-4.300 agama di dunia, termasuk kepercayaan yang sudah punah. 

Sayangnya, tidak semua agama tercatat dalam data tersebut. Berikut ini beberapa agama dengan populasi terbesar di dunia Word Population World. 

1. Kristen Jadi Agama dengan Populasi Terbesar di Dunia

Agama-Terbesar-di-dunia

Hingga saat ini, agama Kristen memiliki penganut hingga 2,38 miliar manusia dengan persebaran yang sangat luas. Kekristenan adalah agama yang berdasarkan pada ajaran Yesus Kristus mulai dari 2000 tahun yang lalu. Persebaran agama ini sangat marak di kawasan Amerika hingga Eropa. 

Agama ini kemudian terasimilasi dengan budaya di setiap daerah sehingga menghasilkan beberapa kelompok ajaran lainnya. Kelompok terbesar dari agama ini adalah gereja Ortodoks Timur, Gereja Protestan, dan Gereja Katolik Roma dengan teks suci yang bernama Alkitab.

2. Islam Agama Terbesar Kedua di Dunia

Agama-Terbesar-di-dunia

Berdasarkan jumlah pemeluknya, Islam menjadi agama terbesar kedua dengan pemeluk sebesar 1,8 milyar jiwa yang tersebar di seluruh dunia. Sebaran utama agama ini berada di area Timur Tengah seperti Iran, Maroko, Yaman, Turki, Libya, Irak, Afghanistan, hingga Indonesia. 

Awalnya penyebaran agama ini berpusat di Mekah di abad ke-7 M. Agama ini disebarkan terakhir kali oleh Nabi Muhammad dengan membawa kita suci bernama Al-Qur’an. Agama Islam mengajarkan tauhid dengan hanya menyembah kepada Allah SWT. 

3. Hindu yang Populasinya Mencapai 1,1 Milyar

Agama-Terbesar-di-dunia

Agama selanjutnya adalah Hindu dengan total penganut yaitu sebesar 1,1 miliar yang tersebar di seluruh dunia. Agama ini awalnya dikenal pada tahun 1.500 sebelum masehi dan tersebar di area Nepal, Inggris, Malaysia, India, Bangladesh, Sri Lanka, dan lain sebagainya. 

Tidak banyak yang tahu bahwa ajaran agama Hindu sangat memengaruhi hampir semua aspek kehidupan bagi orang yang mempercayainya. Yoga menjadi salah satu aspek agama Hindu paling populer di negara barat.

Yoga adalah teknik meditasi dengan menggunakan titik chakra. Selain baik untuk kesehatan mental, yoga juga biasa dilakukan untuk mengidentifikasi berbagai macam penyakit.

4. Buddha Memiliki Populasi Tinggi di Asia Tenggara

Agama-Terbesar-di-dunia

Agama ini dianut sekitar 507 juta jiwa di seluruh dunia dan menempati posisi keempat sebagai agama terbesar di bumi ini. Persebaran agama ini mulai dari negara Thailand, Kamboja, China, dan Myanmar. Agama ini banyak mempraktikkan Buddhisme yang hampir setengah penganutnya berasal dari Tiongkok. 

Agama ini didirikan di india sejak 2.500 tahun silam oleh Sidharta Gautama dengan dua cabang utama yaitu Buddhisme Mahayana dan Thevarada. Ajaran agama ini mengajarkan anti dengan kekerasan dan patuh kepada perilaku etis dalam menjalani semua aspek kehidupan.

5. Agama Lain

Agama-Terbesar-di-dunia

Selain agama-agama diatas, manusia juga menganut agama-agama lain seperti:

  • Shinto dengan penganut 104 juta jiwa
  • Sikhisme yang dianut 25 juta orang
  • Yudaisme dianut oleh 14 juta manusia
  • Taoisme dianut oleh 12 juta jiwa
  • Muisme dianut oleh 10 juta orang
  • Cao Dai dianut oleh 4,4 juta manusia.

Itulah sedikit informasi yang berkaitan dengan urutan agama paling populer dan terbesar di dunia berdasarkan dari jumlah penganutnya. Semoga bisa menambah wawasan kita sebagai umat beragama. Selain itu, terapkan toleransi kepada satu sama lain agar tetap damai, Ladies.

Baca Juga:

6 Jenis Tari Tradisional Aceh dan Fakta Menarik Dibalik Ceritanya

Doa Ulang Tahun untuk Diri Sendiri Agar Berlimpah Berkah

8 Kumpulan Doa Meminta Agar Diberi Kelimpahan Rezeki Halal dan Barokah