4 Manfaat Folavit untuk Kesehatan Ladies yang Lagi Hamil

0
69

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Bagi Ladies yang sedang hamil tentu sudah tidak asing dengan folavit. Folavit merupakan suplemen yang memiliki kandungan utama asam folat dan biasanya dikonsumsi para ibu hamil. Asam folat sendiri punya banyak manfaat, mulai dari mencegah anemia, menurunkan risiko keguguran, hingga sebagai pembentuk plasenta.

Lalu, sejauh mana folavit dapat berdampak ke kesehatan ibu hamil? Yuk, sama-sama kita simak dan mengenal lebih dekat tentang suplemen ini. Ada juga ulasan tentang manfaat serta penggunaan folavit loh.

Mengenal Folavit

Manfaat-Folavit

Folavit biasa digunakan oleh ibu hamil sebagai suplemen untuk memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuh. Secara umum, suplemen ini memiliki manfaat mencegah terjadinya cacat tabung pada saraf janin. 

Bentuk dari folavit sendiri berupa tablet dalam dosis 400 mcg. Dilansir dari Alodokter, ibu hamil membutuhkan setidaknya 600 mcg asam folat. Itu sebabnya konsumsi dari folavit ini biasanya sangat direkomendasikan oleh dokter, Ladies. 

Manfaat Folavit

manfaat-folavit

Berikut ini beberapa manfaat dari konsumsi folavit bagi ibu hamil. Keseluruhan fungsinya memang banyak ditujukan bagi calon bayi dan memelihara kesehatan ibu hamil, loh.

1. Menghindari Risiko Cacat pada Janin

Dengan rutin mengonsumsi folavit, kebutuhan asam folat ibu hamil akan terpenuhi. Asam folat punya fungsi krusial dalam tumbuh kembang janin. Manfaat folavit di sini adalah sebagai pencegah munculnya kecacatan janin, terutama pada bagian otak dan sumsum tulang belakang.

2. Membantu Pembentukan Eritrosit

Eritrosit alias sel darah merah memiliki peran sebagai pembawa oksigen ke paru-paru dan seluruh tubuh. Nah, folavit mampu membantu pembentukan sel darah merah sehingga oksigen bagi ibu hamil dan janin dapat tercukupi dengan baik.

3. Mencegah Munculnya Kelainan Jantung

Ada janin yang rentan terkena kelainan jantung sejak dalam kandungan. Nah, untuk mengurangi risiko ini, konsumsi folavit sangat penting dilakukan, loh. Pasalnya, folavit dapat mencegah kelainan jantung tersebut. Bayi yang lahir nanti pun akan sehat dan terhindar dari cacat.

4. Meningkatkan Pembentukan Jaringan Tubuh

Asam folat sangat berpengaruh pada pembentukan DNA manusia. Oleh sebab itu, manfaat folavit selanjutnya adalah sebagai pembentuk jaringan tubuh janin. Dengan begitu, janin akan tumbuh dan berkembang dengan baik hingga proses kelahiran kelak.

Penggunaan Folavit

Manfaat-Folavit

Namun, patut Ladies catat ya bahwa penggunaan harus konsultasi dengan dokter kandungan sebelum konsumsi folavit. Hal ini karena kondisi kehamilan dan kesehatan setiap ibu hamil berbeda-beda. 

Selama penggunaannya sudah sesuai dosis, folavit tidak akan menimbulkan efek samping besar. Lain halnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek samping justru akan muncul, seperti mual, susah tidur, hilangnya nafsu makan, dan sakit perut.

Folavit dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Simpan suplemen ini di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung ya. Pastikan dosis serta pemakaiannya sudah sesuai dengan label atau anjuran dokter.

Semoga ulasan ini bermanfaat buat para Ladies yang hamil. Ingat, penggunaan folavit baiknya tetap di bawah pengawasan sekaligus anjuran dokter kandungan ya!

Baca Juga:

7 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik, Dijamin Aman dan Sehat!

Baik untuk Kesehatan, Ini Dia 5 Manfaat Bawang Merah yang Super Ajaib!

Makan Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran, Mitos atau Fakta?