4 Kepribadian Manusia: Melankolis, Korelis, Sanguinis, dan Plegmatis

0
56

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Membaca kepribadian seseorang memang terbilang mustahil karena setiap manusia memiliki sifat yang kompleks. Oleh karena itu, banyak para ahli berusaha untuk membuat teori mengenai kpribadian manusia.

Seorang tokoh Yunani yaitu Hippocrates pernah mengemukakan teori mengenai empat  kepribadian manusia berdasarkan tempramennya. Temperamen merupakan dasar karakter manusia yang merepresentasikan perilaku individu dalam menjalani kehidupan. Berdasarkan hal itu Hippocrates membagi sifat manusia menjadi melankolis, koleris, plegmatis, dan sanguinis. 

Lalu, apa saja karakteristik yang ditonjolkan dari keempat sifat tersebut? Cek penjelasan lebih lengkap di bawah ini, Ladies!

Tipe Kepribadian Manusia

Kepribadian-Manusia-melankolis-korelis-sanguinis-plegmatis

Menurut Hippocrates dalam bukunya yang berjudul The Four Temperaments, ada empat kategori yang membagi sifat manusia secara garis besar, yaitu:

1. Melankolis

Nama lain dari kepribadian introvert adalah melankolis. Sosok ini tidak suka dengan aktivitas yang terlalu ramai.

Selain itu, dalam pekerjaan pribadi melankolis dikenal sebagai sosok yang teliti, rajin, memiliki daya analisis yang baik, dan perfeksionis. Oleh karena itu, tipe kepribadian ini sangat cocok bekerja dalam bidang yang membutuhkan ketelitian seperti akuntan, analis, dan bagian administrasi.

Tidak hanya itu, sosok melankolis juga dikenal dengan pribadi yang suka menolong dan penyayang kepada siapa saja. Hal inilah yang membuat melankolis disukai oleh orang di sekitarnya.

Meskipun suka menolong orang lain, pribadi melankolis justru keras terhadap diri sendiri dan tertutup mengenai kehidupan pribadinya. Hal itu membuat seorang melankolis sulit untuk keluar dari masalah karena tidak ingin meminta bantuan. Selain itu, melankolis akan lebih sensitif, pesimis, dan pemurung saat dilanda kesusahan.

2. Plegmatis

Orang dengan tipe kepribadian ini mampu membawa keharmonisan dalam lingkungannya. Selain itu, plegmatis adalah sosok yang mengikuti alur kehidupan, tanpa harus memaksakan kehendak. Hal itulah yang membuat kedamaian menghampiri kehidupan plegmatis.  

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang plegmatis memiliki pembawaan tenang, santai, suka membantu, tidak suka keributan, dan mampu berpikir dengan kepala dingin. Karakter tersebut membuat plegmatis mudah bergaul dengan siapa saja. Dalam karier, plegmatis sangatlah cocok dalam bidang pekerjaan seperti psikolog, guru, atau ahli konseling.

Meski begitu, plegmatis memiliki kecenderungan menjadi penakut dan ragu untuk mencoba hal baru. Selain itu, plegmatis sulit terhubung dengan sekitarnya karena terlalu fokus dengan pikirannya sendiri. 

3. Sanguinis

Sangunis adalah kepribadian yang sejalan dengan ekstrovert. Mereka yang berkepribadian sanguinis dikenal sebagai pribadi yang periang, humoris, penuh semangat, dan antusias. Hal itulah yang membuat para sanguinis memiliki banyak teman.

Sosok ini selalu menarik perhatian siapa saja dan tidak takut mengambil risiko. Selain itu, sanguinis seringkali menjadi mood booster bagi para temannya dan selalu ingin terlihat baik-baik saja walaupun sedang dalam masalah. Biasanya, tipe kepribadian ini sangat pas untuk berkarier di bidang marketing, fashion, entertainment, hingga olahraga.

Namun, terkadang sifat antusiasme yang dimiliki sangunis membuatnya mudah bosan. Hal itu mereka selalu mencari hal baru untuk menggugah minatnya kembali. Seringkali para sanguinis dicap labil dan tidak konsisten karena keburukannya tersebut.

4. Koleris

Visioner adalah kata yang tepat untuk tipe kepribadian koleris. Mereka memiliki sifat percaya diri, berpegang teguh pada prinsip, memiliki perencanaan matang untuk masa depan, dan berjiwa pemimpin. Jadi, tidak heran kalau seorang korelis sangat cocok berkarier menjadi pemimpin perusahaan, pengusaha, ahli perencanaan, dan teknik.

Sayangnya, pendiriannya yang teguh membuat korelis cenderung egois dan mudah marah. Jika ada hal yang tidak sesuai dengan rencananya, para korelis mudah tersulut emosi, sehingga menjadi pribadi yang sarkastik.

Nah, itulah penjelasan mengenai empat tipe kepribadian manusia. Setiap kepribadian memiliki karakteristik dan keunikannya masing-masing. Lalu kira-kira kepribadian Ladies masuk yang mana nih?

Baca Juga:

Wajib Tahu!Ini Fakta Dibalik Kepribadian Cewek Aries 

Wow! Ini 7 Cara Membaca Kepribadian Lewat Bentuk Wajah

Ini Dia Kelebihan serta Kekurangan Kepribadian ISFP