4 Fakta Unik Ikan Sapu-Sapu dan Cara Merawatnya, Tertarik Memelihara?

0
47

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes 

Bagi Ladies yang memelihara ikan di akuarium, pasti sudah tak asing dengan ikan yang satu ini. Ikan sapu-sapu biasanya menempel di sisi-sisi akuarium dengan mulut sedikit terbuka. 

Ikan sapu-sapu merupakan jenis ikan air tawar yang habitatnya berada di sungai. Sesuai namanya, ikan ini sering dijadikan sebagai “sapu” atau pembersih akuarium. Pasalnya, ikan dengan nama latin Glyptoperichthys gibbiceps memakan serangga kecil dan lumut yang sering muncul di akuarium.

Nah, bagi Ladies yang tertarik memelihara ikan sapu-sapu, sebaiknya ketahui fakta unik dan cara merawatnya.

Fakta Unik Ikan Sapu-Sapu

fakta-dan-cara-merawat-ikan-sapu-sapu

1. Berasal dari Amazon, Amerika Selatan

Ikan sapu-sapu merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Serikat. Selain itu, ikan ini juga banyak ditemui di sungai-sungai daerah tropis dan kawasan air payau di muara sungai. Di alam liar, ikan ini bisa hidup sampai lebih dari 20 tahun dengan panjang mencapai 50 cm.

2. Mudah Beradaptasi

Fakta unik ikan sapu-sapu lainnya yaitu mudah beradaptasi di segala kondisi cuaca, baik panas maupun dingin. Selain itu, ikan ini juga bisa hidup di air tawar dan air payau.

Uniknya, ikan ini tetap bisa bertahan hidup di sungai yang mengering. Sebuah studi menunjukkan bahwa ikan sapu-sapu dapat bertahan di luar air selama 30 jam karena mereka menyimpan oksigen di perutnya.

3. Pemakan Segala

Ikan sapu-sapu termasuk dalam jenis hewan omnivora atau pemakan segala. Ikan ini bisa makan alga, lumur, hewan invertebrata, dan ikan-ikan kecil. Hal itulah yang membuat ikan sapu-sapu sering ditempatkan dalam akuarium. Tujuannya agar memakan lumut yang menempel di dinding akuarium atau tangki air.

4. Bisa Dikonsumsi, Asalkan…

Fakta unik lain dari ikan sapu-sapu adalah ikan ini bisa dimakan oleh manusia. Namun, hanya ikan sapu-sapu hasil budidaya khusus yang boleh dikonsumsi.

Pasalnya, ikan sapu-sapu yang berada di alam liar, terutama lingkungan yang kotor, berisiko memiliki kandungan logam dalam tubuhnya. Hal itu bisa berbahaya bagi tubuh manusia, salah satunya dapat menimbulkan sel kankernya.

Cara Merawat Ikan Sapu-Sapu

fakta-dan-cara-merawat-ikan-sapu-sapu

Ikan sapu-sapu sebenarnya tidak membutuhkan perawatan khusus. Pasalnya, ikan ini mudah beradaptasi dengan segala kondisi dan bisa makan segala.

Namun, jika Ladies ini secara khusus memelihara ikan sapu-sapu, terutama yang ingin dikonsumsi, berikut ini cara merawat ikan sapu-sapu yang baik dan benar.

  1. Siapkan akuarium yang sudah dilengkapi dengan sistem aerator dan filtrasi.
  2. Ladies bisa menambahkan kayu, pipa, dan bebatuan untuk rumah ikan sapu-sapu.
  3. Selanjutnya, isi air dengan ph sekitar 6-7 dan temperatur sekitar 24-28 derajat celcius.
  4. Namun, sebelum memasukkan ikan sapu-sapu ke akuarium, ada baiknya jika air tersebut didiamkan selama semalaman agar kandungan kaporitnya mengendap. Pastikan Ladies hanya mengisi air sampai memenuhi ¾ dari volume akuarium.
  5. Terakhir, beri pakan khusus, seperti sayuran, cacing, dan ulat khusus. Disarankan untuk memberinya makan pada malam hari sebelum lampu air akuarium dimatikan. Ini karena ikan sapu-sapu termasuk jenis hewan nokturnal yang aktif pada malam hari.

Itu tadi fakta unik dan cara merawat ikan sapu-sapu. Semoga bisa jadi inspirasi bagi Ladies yang ingin membudidaya ikan ini, ya.

Baca Juga:

Cara Memelihara Ikan Koi di Rumah untuk Pemula

Sangat Indah, 7 Jenis Tanaman Air untuk Aquascape Ini Mudah Dirawat!

Bikin Taman Rumah Cantik, Ini 8 Jenis Tanaman Bonsai dan Perawatannya