4 Cara Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah Agama Islam

0
5

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Pada dasarnya, hubungan suami istri bukanlah tema pembicaraan yang tabu, Ladies. Bahkan pasangan yang telah menikah wajib mengetahui cara memperlakukan pasangannya dengan baik.

Dalam Islam juga terdapat penjelasan mengenai tata cara memperlakukan hingga berhubungan suami istri dengan baik sesuai sunnah. Menaati hukum sunnah tersebut diharapkan membuat rumah tangga semakin harmonis dengan pasangan. 

Lantas apa saja tata cara berhubungan suami istri sesuai dengan sunnah agama? Mari simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini, Ladies.

Cara Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunnah

Cara Berhubungan-Suami-Istri-menurut-islam

Sebelum melakukan hubungan suami istri ada beberapa amalan yang harus dilakukan oleh suami dan istri. Adapun amalan yang dilakukan meliputi:

  1. Disunnahkan untuk membaca basmallah sebelum memulai.
  2. Membaca surat Al-Ikhlas.
  3. Membaca takbir dan tahlil (Allahu akbar, La Ilaha illallah)
  4. Membaca doa.
  5. Memakai penutup atau selimut.
  6. Memulai bercinta dengan cumbu-rayu perlahan dan ciuman.

Setelah mengetahui amalan di atas, ada beberapa amalan sunnah lainnya yang perlu dilakukan. Berikut ini tata cara berhubungan suami istri yang sesuai dengan sunnah.

1. Mandi, Sikat Gigi, dan Berwudhu

Sebelum melakukan hubungan suami istri, setiap pasangan disunnahkan untuk mandi, sikat gigi, dan berwudhu terlebih dahulu. Tujuannya untuk memberikan kesegaran serta kenikmatan saat berjima. Anjuran ini sesuai dengan apa yang dikatakan dalam hadist berikut:

Abu Rofi’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada suatu hari pernah menggilir istri-istri beliau, beliau mandi tiap kali selesai berhubungan bersama ini dan ini. Aku bertanya, “Ya Rasulullah, bukankah lebih baik engkau cukup sekali mandi saja?” Beliau menjawab, “Seperti ini lebih suci dan lebih baik serta lebih bersih,” (HR. Abu Daud no. 219 dan Ahmad 6/8. Syaikh).

2. Menggunakan parfum dengan aroma yang disukai pasangan

Setelah itu, untuk menambah gairah dan hasrat seksual, pasangan suami dan istri disunnahkan untuk menggunakan parfum yang disukai oleh pasangan. Hal ini juga dijelaskan dalam hadis berikut:

“Empat macam diantara sunnah sunnah para Rasul yaitu : berkasih sayang, memakai wewangian, bersiwak dan menikah,” (HR. Tirmidzi).

3. Sholat sunnah dua rakaat

Cara berhubungan suami istri sesuai sunnah selanjutnya adalah dengan melakukan salat sunnah dua rakaat. Tujuannya adalah agar mendapatkan keberkahan saat melakukan hubungan suami istri. Hal ini juga dijelaskan dalam hadis yang berbunyi:

“Dari Abdullah bin Mas’ud ia berkata: Aku memberi nasehat kepada seorang pria yang hendak menikahi pemudi yang masih gadis, karena ia takut istrinya akan membencinya jika ia mendatanginya, yaitu perintahkanlah (diajak) agar ia melaksanakan shalat 2 rakaat dibelakangmu dan berdoa: 

Ya Allah berkahilah aku dan keluargaku dan berkahilah mereka untukku. Ya Allah satukanlah kami sebagaimana telah engkau satukan kami karena kebaikan dan pisahkanlah kami jika Engkau pisahkan untuk satu kebaikan,” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Thabrani dengan sanad Shahih).

4. Bercanda gurau dan bercumbu

Setelah melakukan salat sunnah, pasangan suami istri disunnahkan untuk bercanda gurau serta bercumbu saat melakukan jima. Bahkan, memberikan ucapan dan sikap romantis sangat dianjurkan untuk membuat suasana bercinta semakin bergairah. Hal ini sesuai dengan penjelasan dalam hadis At-Tirmidzi yang berbunyi:

“Janganlah salah seorang di antara kalian menggauli istrinya seperti binatang. Hendaklah ia terlebih dahulu memberikan pendahuluan, yakni ciuman dan cumbu rayu,” (HR. At-Tirmidzi).

Itulah penjelasan mengenai tata cara berhubungan suami istri sesuai sunnah dan syariat Islam. Jangan lupa untuk melakukan sunnah tersebut agar berhubungan suami istri mendapatkan keberkahan, Ladies.

Baca Juga:

Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim Enggak Sih?

Doa Sebelum dan Sesudah Berhubungan Badan Suami Istri

Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Intip Yuk!