30 Motto Hidup Islami Menurut Al Quran, Khalifah, dan Hadist

0
35

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Masalah dalam hidup ini bisa silih berganti. Terkadang bisa membuat kita berada di titik terendah karena merasa belum siap menghadapinya. Namun, bukan berarti kita kalah dengan keadaan dan merasa kebahagiaan sudah berakhir. Kita perlu menegakkan prinsip agar dapat menjalani kehidupan dengan baik.

Salah satu prinsip itu bisa kita dapatkan dari adanya motto hidup Islami. Berikut ini kumpulan motto hidup Islami yang bisa jadi inspirasi dan pengingat kita mengenai hidup serta keikhlasan.

Motto Hidup Islami dari Alquran

Kumpulan-Motto-Hidup-Islami

Alquran adalah kitab yang menjadi pedoman hidup bagi umat Muslim. Berikut ini beberapa kutipan ayat Alquran yang bisa jadi motto agar hidup lebih bermakna.

  1. “Janganlah kamu merasa lemah dan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman.” (Q.S Ali Imran: 139)
  2. “Sesungguhnya Allah SWT itu tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka sendiri yang mengubah keadaannya.” (Q.S Ar-Ra’d: 11)
  3. Di manapun kita berada, kematian akan mendapatkan kita semua, sekalipun kita berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. (Q.S An-Nisa: 78)
  4. “Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan yang sama karena bumi Allah itu sangat luas.” (Q.S Az-Zumar: 10)
  5. “Janganlah engkau bersedih dan berduka, karena sesungguhnya Allah selalu bersama kita.” (QS. At-Taubah: 40)
  6. “Allah akan memberi kita rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.” (QS.At-Thalaq: 3)
  7. “Kebaikan itu tidak pernah sama dengan kejahatan. Maka, tolaklah setiap kejahatan dengan cara yang lebih baik, sehingga mereka yang memusuhimu bisa menjadi seperti teman yang setia.” (Q.S Fushshilat: 34)
  8. “Jika setan datang menggodamu, maka berlindunglah kepada Allah. Sebab sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.” (Q.S Al-A’raf: 200)
  9. Hanya orang-orang yang beriman yang cintanya sangat besar kepada Allah.” (Q.S Al-Baqarah:165)
  10. “Siapa pun yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihatnya dalam buku catatan amalnya lalu dia akan menerima pahala atasnya.” (Q.S Al-Zalzalah: 7)

Motto Hidup Islami dari Hadist

Kumpulan-Motto-Hidup-Islami

Selain Alquran, hadist juga menjadi pedoman bagi umat Muslim. Berikut ini kumpulan hadist yang bisa menginspirasimu, Ladies. 

  1. “Siapa saja yang bisa membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan di dunia, maka kelak Allah akan membebaskannya dari suatu kesulitan pada hari kiamat.” (HR. Muslim)
  2. “Teruslah memberi kemudahan dan jangan mempersulit, memberikan kabar gembira dan jangan membuat mereka lari.” (HR Bukhari dan Muslim)
  3. “Allah SWT akan selalu menolong seorang hambanya, selama hamba itu mau menolong saudaranya yang lain.” (HR Muslim)
  4. “Kita orang mukmin dengan mukmin lainnya itu ibarat sebuah bangunan, karena saling menguatkan sebagian yang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  5. “Janganlah kamu bersedih, karena sesungguhnya pertolongan akan datang bersama adanya kesabaran.” (HR. Ahmad)
  6. Teruslah bersemangat atas hal-hal yang bermanfaat bagimu serta jangan ragu untuk memminta pertolongan kepada Allah, dan jangan engkau lemah.” (HR. Muslim)
  7. “Sesungguhnya orang yang memiliki cobaan paling berat di dunia ini adalah nabi, kemudian orang-orang yang di bawah derajatnya dan seterusnya.” (HR. Tirmidzi)
  8. “Yang terbaik di antara kamu merupakan mereka yang memiliki perilaku yang terbaik dan karakter yang terbaik.” (Sahih Bukhari)
  9. “Orang yang cerdas itu adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya dan bekerja keras untuk kehidupan setelah kematian.” (HR. Tirmidzi)
  10. “Kerjakanlah semua urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya, dan kerjakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok.” (HR. Ibnu Asakir)

Motto Hidup Islami Para Ulama dan Khalifah

Kumpulan-Motto-Hidup-Islami

Selanjutnya, motto hidup Islami para ulama yang bisa kita jadikan contoh. Berikut ini kumpulan motto hidup dari ulama Islam terkenal.

  1. “Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena semua urusan di dunia ini hasil akhirnya sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun, jika ia memang ditakdirkan untukmu, maka kau tak akan bisa lari darinya.” – Umar bin Khattab.
  2. Tidak peduli seberapa keras kehidupanmu, berpikirlah positif.” – Ali bin Abi Thalib.
  3. “Pada dasarnya, orang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) apa pun dari Allah dengan senang hati.” – Ali bin Husein.
  4. “Sesungguhnya, balas dendam terbaik adalah dengan menjadikan dirimu lebih baik.” – Ali bin Abi Thalib.
  5. “Jangan pernah menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun. Sebab, orang yang menyukaimu tidak butuh itu, dan mereka yang membencimu tidak percaya itu.” – Ali bin Abi Thalib.
  6. “Jangan berduka, sebab apa pun yang hilang darimu saat ini akan kembali lagi dalam wujud yang lain.” – Jalaludin Rumi.
  7. “Sebagai manusia, kita ini adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tapi tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam.” -Abu Hamid Al Ghazali.
  8. Dunia ini seperti bayangan. Di mana, kalau kamu berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi sebaliknya kalau kamu membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.” – Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.
  9. “Jangan sekali-kali mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Sebab, jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu.” – Imam Asy Syafii.
  10. “Pada dasarnya kesabaran itu terbagi menjadi dua: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang sangat kau inginkan.” – Ali bin Abi Thalib.

Itulah kumpulan motto hidup Islami yang bisa Ladies jadikan penyemangat hidup. Semoga hidup kita senantiasa diberi kemudahan dan keberkahan, Ladies.

Baca Juga:

Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun Pernikahan Islami

5 Ciri-Ciri Orang Munafik dalam Islam, Tercantum dalam Al Quran

6 Tanda Kiamat Kubra Menurut Al-Qur’an dan Hadis, Wajib Tahu!