14 Menu Makanan Sehat untuk Diet, Enak dan Bernutrisi Tinggi!

0
50

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Buat Ladies yang sedang diet, pasti kadang bingung kan menentukan menu diet sehat yang baik. Pasalnya, diet bukan sekadar mengurangi porsi makan, melainkan juga mencermati nutrisi menu makanannya. Tidak jarang, banyak yang salah kaprah menganggap diet berarti tidak boleh makan enak.

Nah, berikut ini ada rekomendasi menu makanan diet sehat tapi tetap enak yang bisa jadi referensi. Ada juga informasi mengenai nutrisi dan nilai kalori per sajian makanannya. Lengkap dari menu sarapan, makan siang, makan malam, hingga camilan!

1. Avocado-Egg Toast

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Sarapan roti panggang dan telur dapat menjadi pilihan yang menarik. Agar lebih lezat, tambahkan potongan alpukat di atasnya. Menu makanan sarapan diet sehat ini memiliki nutrisi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak. Satu porsi avocado-egg toast mengandung 217 kalori.

2. Blueberry-Banana Overnight Oats

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Untuk menu ini, kita butuh menyiapkannya dari malam sebelumnya. Paduan blueberry, pisang, dan oats menjadikan menu ini kaya akan gizi. Tinggi serat dan protein sekaligus cukup mengenyangkan. Satu porsi overnight oats ini memiliki 285 kalori.

3. Blueberry-Pecan Pancakes

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Kalau bosan dengan roti, menu pancake cocok juga untuk sarapan. Tambahkan blueberry serta pecan yang membuat sajian ini makin lezat. Dengan total 255 kalori, menu ini sangat baik untuk sumber energi karena mengandung karbohidrat, protein, serta serat yang cukup.

4. Peanut Butter-Banana Cinnamon Toast

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Menu makanan sehat untuk diet selanjutnya adalah peanut butter-banana cinnamon toast. Pisang memang menjadi bahan makanan untuk sarapan yang mampu kasih energi cukup buat beraktivitas. Buat saja roti panggang dengan pisang dan tambahkan selai kacang. Sarapan kaya protein, karbohidrat, dan serat ini hanya mengandung 266 kalori.

5. Baked Banana-Nut Oatmeal Cup

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Muffin dengan bahan utama pisang juga enak sekaligus mengenyangkan loh. Gunakan oats sebagai pengganti tepung biar lebih sehat. Satu buah muffin banana ini mengandung 176 kalori dengan nutrisi serat, protein, serta karbohidrat yang cukup.

6. Green Salad with Edamame & Beets

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Dengan kandungan serat tinggi, menu makan siang dengan salad sayuran ini dapat memberikan rasa kenyang cukup lama. Apalagi ada tambahan protein dari edamame. Meski sederhana, makanan ini mengandung 325 kalori dan menyehatkan, Ladies.

7. Veggie & Hummus Sandwich

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Sandwich dengan roti gandum dan aneka sayuran di dalamnya jadi menu enak buat makan siang. Agar makin nikmat, tambahkan hummus sesuai selera. Satu porsi menu ini mempunyai kandungan karbohidrat, protein, serat, serta lemak yang cukup. Dengan total 325 kalori, dijamin kenyang makan siang pakai ini, Ladies.

8. Asian Beef Noodle Bowls

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Selanjutnya menu makanan sehat untuk diet lainnya adalah Asian beef noodle. Sesuai namanya, menu makanan ini menggunakan mie sebagai pengganti nasi. Jangan lupa tambahkan daging sapi sebagai sumber protein dan aneka sayur sebagai sumber serat. Satu porsi asian beef noodle ini memiliki kalori sebesar 348 kalori aja, loh.

9. Whole-Wheat Veggie Wrap

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Selain sandwich, wrap dapat menjadi sajian makan siang yang mengenyangkan. Isiannya bisa berupa sayur-sayuran dan tambahkan hummus agar lebih lezat. Boleh juga beri sedikit irisan keju. Menu sederhana dengan nutrisi komplit yaitu karbohidrat, serat, dan protein. Veggie wrap mengandung 345 kalori dan praktis dibawa sebagai bekal makan siang.

10. Zucchini Noodles with Pesto & Chicken

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Menu mie dengan paduan topping zukini serta ayam dapat menjadi sajian makan malam yang lezat. Menu ini memiliki kandungan protein tinggi yang berasal dari ayam serta serat dan mineral dari zukini. Satu porsinya mengandung 430 kalori, dijamin mengenyangkan dan sehat.

11. Spicy Jerk Shrimp dan Brown Rice

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Tidak ada salahnya makan nasi di malam hari, asalkan pilih brown rice. Untuk sumber proteinnya, kita dapat menggunakan udang yang dipanggang sebentar dengan aneka rempah pedas dan saus kedelai. Sajian sederhana ini memiliki 351 kalori dengan rasa gurih dan pedas.

12. Greek Roasted Fish with Vegetables

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Menu ikan salmon dapat menjadi makanan diet sehat selanjutnya. Kita cukup mencampurkan beraneka sayuran dan memanggangnya sebentar bersama daging ikan. Nutrisinya lengkap, ada protein, serat, dan karbohidrat. Per sajian menu makanan ini hanya mengandung 422 kalori.

13. Crispy Oven-Fried Fish Tacos

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Selain salmon, ikan cod crispy juga lezat untuk dijadikan menu makan malam. Agar lebih enak, kita dapat kombinasikan ikan dengan tacos dan sayuran lain. Dalam 496 kalori dari menu ini, kita mendapat kebaikan dari protein, serat, dan karbohidrat.

14. Roasted Salmon with Smoky Chickpeas & Greens

Menu Makanan-Sehat-untuk-Diet

Salmon panggang dengan paduan sayuran kale juga enak dihidangkan untuk makan malam. Menu ini amat kaya protein dan serat, jadi aman kita konsumsi malam hari. Per sajiannya memiliki 447 kalori.

Itulah tadi beberapa ragam menu makanan untuk diet lebih sehat. Ladies bisa juga sedikit memodifikasi menu yang ada jika ingin menyesuaikan selera. Selamat mencoba, Ladies!

Baca Juga:

Nggak Cuma Enak, Ini 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Kesehatan

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Ajaib Banget! 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari