12 Manfaat Wedang Uwuh yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

0
42

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Tidak hanya melezatkan masakan, rempah-rempah ternyata juga baik untuk kesehatan. Tak jarang rempah-rempah diolah menjadi minuman berkhasiat, seperti wedang uwuh.

Minuman wedang uwuh berasal dari daerah Yogyakarta dan banyak dinikmati oleh berbagai kalangan. Oleh karena terbuat dari beragam rempah-rempah, wedang uwuh memberikan banyak khasiat bagi tubuh kita. Untuk lebih lengkapnya simak artikel berikut ini, Ladies.

Ragam Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan

Manfaat-Wedang-Uwuh-bagi-kesehatan

Wedang uwuh dapat menghangatkan tubuh, apalagi dikonsumsi saat musim hujan. Efek ini berasal dari campuran berbagai rempah seperti jahe merah, daun dan kayu manis, kayu secang, akar sereh, daun pala, biji pala, serta kapulaga. Supaya makin nikmat, biasanya ditambahkan gula batu untuk menambah rasa manis.

Nah, rempah-rempah dalam wedang uwuh ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh, Ladies. Berikut ini beberapa manfaat wedang uwuh bagi kesehatan kita.

1. Mengatasi Asam Urat

Jahe merah yang terkandung di dalam wedang uwuh mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Dalam Journal of Scientific and Technology (2017) menunjukkan bahwa mengonsumsi, jahe merah dapat mengurangi peradangan sendi, memperlancar sirkulasi darah, dan mengurangi kadar asam urat dalamdarah. 

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain itu, kandungan kapulaga dalam wedang uwuh mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kapulaga memiliki senyawa yang bersifat antimikroba, sehingga efektif membunuh bakteri dan parasit penyebab berbagai penyakit. Kandungan antioksidan di dalamnya juga efektif mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal serta organ hati.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Wedang uwuh juga mengandung kayu manis yang mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Hal ini karena kayu manis mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan radikal bebas dan menurunkan kolesterol tubuh, sehingga mampu mencegah stroke.

4. Sumber Antioksidan

Paparan radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh kita, sehingga rentan terkena berbagai penyakit. Untuk menangkal radikal bebas, kita dapat mengonsumsi wedang uwu karena kaya akan antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh untuk memerangi radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi wedang uwuh yang kaya antioksidan, sel-sel tubuh kita mampu mberegnerasi sehingga kesehatan terjaga.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika dibiarkan akan meningkatkan risiko stroke atau serangan jantung. Untuk mencegahnya, kita bisa mengonsumsi wedang uwuh yang kaya akan senyawa polifenol. Senyawa polifenol dalam wedang uwuh terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kayu manis dalam wedang uwuh mampu mengatasi masalah pencernaan. Senyawa yang terdapat dalam kayu manis bisa menekan gas berlebih akibat asam lambung berlebih, sehingga bisa mengurangi kembung, mual, dan begah.

7. Mengobati Batuk dan Pilek

Wedang uwuh mengandung jahe merah, kapulaga, dan cengkeh yang efektif menghangatkan tubuh. Sehingga cocok sekali dikonsumsi untuk meredakan meredakan pilek dan batuk.

8. Mengandung Efek Antidiabetes

Kayu manis yang terkandung dalam wedang uwuh dapat menurunkan resistensi insulin. Hal ini karena senyawa dalam kayu manis mampu meningkatkan produksi hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin dibutuhkan untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga kadar gula dalam darah akan menurun. 

9. Anti Inflamasi

Rempah-rempah yang terkandung dalam wedang uwuh juga mampu melawan berbagai infeksi karena mengandung senyawa anti inflamasi. Mengonsumsi wedang uwuh secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus seperti batuk dan pilek. 

10. Mengurangi resiko kanker

Sereh atau serai yang merupakan salah satu rempah yang terdapat dalam wedang uwuh. Selain menambah aroma dan rasa, sereh bermanfaat untuk melawan jalur sel kanker. Hal ini karena sereh mengandung vitamin A dan C yang bersifat sebagai antioksidan yang mampu menghambat penyebaran sel kanker.

11. Baik untuk Kesehatan Tulang

Rendahnya massa tulang bsia menyebabkan resiko patah tulang. Cengkeh dalam wedang uwuh dapat membantu meningkatkan massa tulang, sehingga  efektif mengurangi risiko  osteoporosis. Nah, mulai sekarang Ladies mengonsumsi wedang uwuh untuk menjaga kesehatan tulang.

12. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat wedang uwuh selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Antioksidan dalam wedang uwuh efektif melawan radikal bebas. Antioksidan ini didapatkan dari sereh, kayu manis, jahe, dan kapulaga yang terdapat dalam wedang uwuh. Dengan mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit, seperti disfungsi sel pada arteri koroner.

Itulah penjelasan mengenai 12 manfaat wedang wuh bagi kesehatan tubuh. Yuk, mulai coba konsumsi wedang uwuh secara teratur untuk menjaga stamina, Ladies.

Baca Juga:

Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui 5 Manfaat Daun Sungkai, Beneran Ampuh buat Mencegah COVID?

Intip 5 Manfaat Daun Kelor yang Ampuh buat Jaga Kesehatan