10 Pesantren Terbaik di Indonesia dan Sejarahnya

0
6

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim cukup besar. Maka tidak heran jika di Indonesia terdapat banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah.

Pondok pesantren memang tempat yang tepat untuk mempelajari dan memperdalam ilmu agama. Bahkan tidak sedikit para orang tua menempatkan anak mereka di pesantren sejak dini agar mendapatkan ilmu agama yang baik.

Lantas, apakah Ladies tertarik untuk mengenyam pendidikan di pensatren? Berikut ini  10 daftar pesantren terbaik di Indonesia yang perlu kamu tahu. So, keep scrolling, Ladies!

Pesantren Terbaik di Indonesia

 pesantren-terbaik-di-indonesia

Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan bertujuan untuk mencapai hikmah atau wisdom (kebijaksanaan) berdasarkan pada ajaran Islam. Pada umumnya, beberapa pondok pesantren merumuskan tujuan pendidikan ke dalam tiga kelompok yaitu pembentukan akhlak atau kepribadian, penguatan kompetensi santri, dan penyebaran ilmu. So, di bawah ini adalah 10 pesantren teraik di Indonesia yang wajib diketahui.

1. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Posisi pertama ditempati oleh pondok pesantren dari daerah Pasuruan Jawa Timur, yaitu Pondok Pesantren Sidogiri. Pondok pesantren yang satu ini cukup populer dan berpengaruh karena banyak hal. Ponpes Sidogiri menjadi pesantren tertua di Indonesia yang tetap eksis bahkan terus berkembang.

Selain itu, Pondok Pesantren Sidogiri tetap mempertahankan ajaran dan mengkaji ilmu agama murni dengan sistem pendidikan salaf. Tidak hanya itu, ponpes ini juga dikenal menjadi satu-satunya pesantren yang berhasil mandiri di bidang keuangan berkat berbagai usaha bisnisnya yang sangat luas.

2. Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo

Selanjutnya, pesantren yang juga sangat populer di telinga masyarakat yaitu Pondok Pesantren Gontor. Ponpes yang satu ini menjadi pelopor dari pesantren modern yang mengenakan biaya tinggi pada para santrinya.

Hal ini cukup wajar karena pondok pesantren ini memiliki ciri khas yaitu kedisiplinan yang tinggi dengan kurikulum pendidikan terbaik. Pondosok pesantren ini juga mewajibkan para santrinya untuk berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris.

3. Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Masih dari daerah Jawa Timur, salah satu pondok pesantren terbaik di Indonesia lainnya adalah Pondok Pesantren Langitan di Tuban. Memiliki luas kurang lebih 7 hektar, pesantren ini sudah berdiri sejak 1852 di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Di awal berdiri, pemimpin pertama ponpes ini adalah Kyai Abdullah Faqih. Beliau merupakan seorang ulama kharismatik yang membuat para pejabat tinggi sangat segan dan menghormatinya.

4. Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri

Melipir ke daerah Kediri, ada juga pondok pesantren terbaik di Indonesia yang bernama pEsantren Lirboyo. Nama Lirboyo ini diambil dari nama sebuah desa yang merupakan tempat berdirinya pondok pesantren tersebut. Berdiri sejak 1910, sampai saat ini Pondok Pesantren Lirboyo berhasil menghasilkan alumni-alumni yang tidak hanya paham ilmu agama namun juga paham ilmu sosial.

5. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Didirikan tahun 1899, Pesantren Tebuireng menjadi salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang. Pesantren ini dikenal karena pendirinya yaitu sosok ulama kharismatik sekaligus pendiri organisasi Ulama (NU), Kyai Hasyim Asy’ari. 

Pesantren ini tidak menganut sistem pendidikan yang serupa dengan Gontor, melainkan sistem salaf seperti Langitan atau Sidogiri. Pondok pesantren ini juga berfokus pada pembelajaran syariat Islam. 

Meski cenderung agak stagnan dalam perkembangannya, namun pondok Tebuireng masih tetap eksis hingga saat ini. Salah satu tokoh terkenal yang berasal dari pondok pesantren ini adalah KH. Abdurrahman Wahid atau Gusdur, mantan presiden RI keempat.

6. Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang

Didirikan di tahun 1967 oleh KH. Maimun Zubair, pesantren Al Anwar terletak di Desa Karangmangu, Sarang Rembang, Jawa Tengah. Awalnya, pesantren ini hanya sebuah kelompok pengajian yang dirintis oleh KH. Ahmad Syuaib dan KH. Zubair Dahlan.

Namun, kedua perintis tersebut mengembangkannya dengan mendirikan tiga komplek bangunan, yaitu komplek A, B, dan C. Pesantren ini kemudian terkenal karena visi dan misinya yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat nelayan yang berada di sekitar wilayah pondok.

7. Pondok Pesantren La Tansa, Banten

Pondok pesantren terbaik di Indonesia selanjutnya yaitu  Pondok Pesantren La Tansa di daerah Banten. Pesantren ini dikelilingi sungai Ciberang dan gunung-gunung hijau, sehingga sangat nyaman untuk para santri. Alam yang asri juga membuat para santri semakin khyusuk dalam mempelajari aqidah dan syariat Islam.

8. Pondok Pesantren Daar El Qolam, Banten

Masih di daerah Banten, tepatnya di wilayah Lebak, ada pesantren bernama Daar El Qolam. Pesantren ini menggunakan metode pembelajaran modern dengan merujuk pada pembelajaran kitab klasik. Pesantren ini tidak hanya mengajarkan pendidikan agama, namun juga pendidikan umum.

9. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin, Cilacap

Berpindah ke daerah Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Cilacap, ada salah satu pesantren terbaik di Indonesia yaitu Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin. Didirikan oleh KH. Badawi Hanafi 24 November 1925, pesantren ini juga sering disebut dengan Pesantren Kesugihan.

10. Pondok Pesantren Al Mukmin, Sukoharjo

Di daerah Sukoharjo juga terdapat pesantren terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk tempat belajar santri. Pesantren ini didirikan oleh “enam serangkai”, yaitu Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosyadi, Abdullah Baradja, Abdul Qohar H. Daeng Matase dan Hasan Basri pada tahun 1974.

Bagaimana, itu dia beberapa nama-nama pesantren terbaik di Indonesia. Ladies pernah mendengarnya dan tertarik untuk menuntut ilmu di sana?

Baca Juga:

6 Keutamaan Menuntut Ilmu dalam Islam, Jaminan Bahagia Dunia dan Akhirat

12 Rekomendasi Nama Toko Islami Membawa Berkah dan Rezeki Melimpah

Doa Pelunas Hutang Sesuai Ajaran Islam, Amalkan Setiap Hari