10 Kumpulan Kata-Kata BijakTerbaik dalam Bahasa Sunda dan Artinya

0
96

Penulis: Aisyah  | Editor: Agnes

Dalam hidup, kita membutuhkan motivasi agar bisa bangkit dari keterpurukan. Kata-kata bijak dapat menjadi pencerahan dan dorongan yang membuat kita bisa lebih bersemangat dalam menjadi hidup sehari-hari. 

Ada pula kata-kata bijak dalam bahasa Sunda yang bisa membuat kita tersenyum saat membacanya. Berikut ini 10 kumpulan kata-kata bijak dalam bahasa Sunda yang bisa kita jadikan hiburan sebab memiliki makna yang mendalam. 

  • “Ulah gampil nyerah, sabab urang sabenerna téh tacan tangtu éléh, sateuacan bejoang sarta ngarasa capé jeung nyerah.

Artinya: “menyerah hanyalah bagi orang-orang yang lemah karena kita harus menjalani kehidupan tanpa kata menyerah.”

  • “Gagal sakali lain hartina gagal salamina, diajar tina kagagalan tong jadikeun mangsa kaliwat urang janten hahalang tina nga-wujudkeun impén sareng harepan urang.”

Artinya: “ketika kita gagal sekali bukan berarti kita akan gagal selamanya, tapi kita harus belajar dari kegagalan itu.”

  • “Mangga cobian sésakeun waktos urang sakedap kanggo nyukuran kana perkawis anu ku urang dipiboga tina kahirupan ieu. Cobi hargaan insyaAllah urang bakal tiasa kapanggih kana sumanget nu anyar pikeun ngawujudkeun kahayang urang.”

Artinya: “rasa syukur dalam menjalani kehidupan adalah hal terbaik agar hati dan jiwa kita terasa tenang. Barangkali kita tak mampu menghitung berapa banyak hal baik dan kenikmatan dari Allah untuk kita.”

  • “Ulah mipigawé ku samata-mata kana duit hungkul, nanging urang kedah ngareseupkeun pagawéan éta, sabab boa-boa éta kasuksésan téh mipibogaan urang.”

Artinya: “jangan pernah mengerjakan suatu hal hanya karena uang saja, tetapi kita harus selalu berusaha menyukai pekerjaan yang kita jalani karena siap tahu itulah jalan kesuksesan bagi kita.”

  • “Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina.”

Artinya: “jangan sampai cinta menjadikan kita lupa pada semua hal terlebih pada yang Maha Kuasa.”

  • “Saban masalah anu dongkap ayeuna, sanes kanggo ngalabuhkeun, nanging kanggo nguji sabaraha kuat salira tiasa nahana.”

Artinya: “masalah yang hadir dalam hidup kita saat ini bukanlah untuk menjatuhkan kehidupan kita, melainkan untuk menguji seberapa kuatnya kita dalam menahan hal itu.”

  • “Hirupmah heuheuy jeung deudeuh lamun teu heuheuy nya deudeuh.”

Artinya: “hidup ini berada diantara bahagia dan sedih, sehingga kalau kita tak bahagia ya hanya bersedih.”

  • “Teu aya istilah cinta buta, aya ge jalma eta sorangan nu ngabutakeun diri.”

Artinya: “tidak ada istilah cinta itu buta karena hanya manusia yang membuat dirinya buta.”

  • “Sateuacan masihan nasehat dina cariosan salira pasihan maranehanana nasehat ku sikep salira”

Artinya: “sebelum kita menyampaikan nasihat kepada orang lain melalui ucapan, alangkah baiknya mencontohkan hal itu dari sikap kita.”

  • “Napsu nyaeta hiji perkawis anu mipiboga sipat samentara nu lewih langkung direseupan, tibatan perkawis-perkawis anu langgeng.”

Artinya: “nafsu adalah hal yang bersifat sementara tapi banyak disukai dibandingkan hal-hal yang abadi.”

Itulah kata-kata bijak dalam bahasa Sunda yang bisa kita jadikan sebagai panutan hidup. Semoga dengan menerapkan nasihat diatas membuat hidup kita lebih baik dan bahagia.

Baca Juga:

16 Kumpulan Pantun Cinta Super Romantis, Bikin Doi Baper

Inilah Kumpulan Kata-Kata Bucin untuk Pacar Tersayang