10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Wajib Kamu Coba 

0
120

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes

Walaupun kelihatannya sepele, masalah bau ketiak tidak boleh dipandang sebelah mata. Bau ketiak dapat membuat Ladies merasa kurang nyaman dan menurunkan kepercayaan diri.

Salah satu penyebab munculnya bau ketiak adalah bakteri. Bakteri biasanya tumbuh di daerah tubuh yang lembap, salah satunya ketiak. Saat keringat terkontaminasi dengan keringat, protein tertentu dalam tubuh akan hancur dan menjadi asam. Hal itulah yang membuat bau tak sedap muncul dari ketiak.

Sekarang tak perlu bingung lagi, Ladies. Berikut ini 10 cara menghilang bau ketiak yang wajib kamu coba.

1. Mandi Secara Teratur

Hayo, siapa di antara Ladies yang suka malas mandi? Ternyata, malas mandi merupakan salah satu pemicu timbulnya bau ketiak, loh. Hal ini karena bakteri bisa menumpuk jika tidak segera disiram dengan air.

Kalau Ladies hanya berdiam diri di rumah, Ladies tetap harus mandi minimal satu kali sehari. Sebaliknya, jika Ladies memiliki aktivitas yang cukup pada di luar, disarankan untuk mandi dua kali sehari, yaitu sebelum dan sepulang beraktivitas.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Saat mandi, Ladies disarankan untuk menggunakan sabun antibakteri yang banyak dijual di pasaran. Gosok seluruh bagian tubuh, terutama ketiak dan daerah lipatan lain yang sering berkeringat. Hindari menggunakan sabun yang mengandung pewangi beraroma kuat karena hal itu dapat memperparah bau badan.

3. Keringkan Badan dengan Benar


Setelah mandi, jangan malas untuk mengeringkan badan dengan benar menggunakan handuk. Pastikan handuk tersebut dalam keadaan bersih dan kering, ya. Setelah digunakan, jemur handuk di ruang terbuka agar tidak ada bakteri yang menempel di handuk. 

4. Pakai Deodoran dan Antiperspirant

Selain parfum, ada dua barang yang wajib kamu pakai untuk menghilangkan bau ketiak, yaitu deodoran dan antiperspirant. Deodoran berfungsi untuk membuat ketika kebal terhadap bakteri dan menutupi bau badan dengan aromanya.

Sementara itu, antiperspirant berfungsi untuk menghambat kelenjar keringat yang memproduksi keringat berlebih. Pasalnya, antipersipant mengandung aluminium klorida yang membantu menjaga kadar keringat dalam tubuh. Agar lebih hemat, Ladies bisa memilih produk two in one deodoran antiperspirant yang banyak dijual di beauty store.

5. Gunakan Pakaian Berbahan Katun

Pakaian berbahan katun cenderung memudahkan keringat untuk menguap. Selain itu, pakaian tersebut juga membuat Ladies terhindari dari gerah sepanjang hari. Sebaliknya, pakaian yang terbuat dari bahan selain katun, seperti polyester dan rayon, berpotensi menahan keringat dan membuat bau ketika tertahan di baju.

6. Cuci Pakaian Sampai Bersih

Setelah melakukan aktivitas di luar yang memicu keringat berlebih, segera cuci pakaian Ladies. Jika didiamkan beberapa hari, baju yang basah karena keringat bisa menjadi sarang bakteri, loh. Ladies pasti tak mau bajunya jadi bau, kan?

Sebelum memasukkan baju ke mesin cuci, sikatlah bagian ketiak untuk menghilangkan bekas keringat dan deodoran. Jangan lupa untuk menggunakan pewangi pakaian saat membilas, ya.

7. Waxing atau Mencukur Bulu Ketiak

Bulu ketiak yang dibiarkan tumbuh dapat menahan keringat dan berisiko menjadi sarang bakteri. Akibatnya, bau ketiak pun akan sulit untuk dihilangkan. Solusinya, Ladies bisa melakukan waxing atau menghilangkan seluruh bulu ketiak tersebut. Cara lainnya adalah mencukur bulu ketiak secara rutin, setidaknya sebulan sekali.

8. Menggosok Ketiak dengan Air Lemon

Jika kulit Ladies bukan termasuk kulit sensitif, Ladies bisa menghilang bau ketiak secara alami menggunakan air lemon. Gunakan setengah buah lemon, kemudian peras dan gosokkan airnya ke ketiak. Ladies juga bisa mencampurkannya dengan air jika khawatir akan merasa perih. Lakukan hal tersebut setiap hari sampai bau ketiak berkurang.

9. Oleskan Cuka Apel ke Ketiak

Cara alami lain untuk menghilangkan bau ketiak adalah menggunakan cuka apel. Cuka apel yang asam mengandung antimikroba yang dapat menghancurkan bakteri penyebab bau ketiak. Gunakan kapas saat mengoleskan cuka apel ke ketiak. Cara ini bisa Ladies lakukan dua hari sekali.

10. Kurang Mengonsumsi Makanan Ini

Selain keringat, bau ketiak juga dapat dipicu oleh makanan yang Ladies konsumsi, loh. Beberapa makanan yang menyebabkan bau ketiak yaitu brokoli, kubis dan kembang kol. Ketiga jenis sayuran tersebut mengandung belerang yang dapat memicu tubuh untuk memproduksi keringat lebih banyak.

Selain itu, Ladies juga disarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah, seperti sapi dan kambing. Pasalnya, daging merah mengandung asam amino yang dapat meninggalkan residu dalam tubuh. Residu yang dipecah oleh enzim dapat memicu bau badan.

Itu tadi 10 cara menghilangkan bau ketiak yang wajib Ladies coba. Setelah melakukan cara tersebut, semoga masalah bau badan bisa segera pergi, ya.

Baca Juga:

Atasi Bau Badan dengan 7 Rekomendasi Deodoran Terbaik

Ampuh Banget! Ini 7 Krim Malam untuk Kulit Wajah Tampak Glowing

Ini Dia 7 Rekomendasi Body Lotion untuk Kulit Kering